"KELAS IMERSI SMP NEGERI 1 YOSOWILANGUN, SOLUSI PEMBELAJARAN BER-IT DI ERA GLOBALISASI ABAD XXI"

MAKSUD DAN TUJUAN

A. MAKSUD DAN TUJUAN
    Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan Program Kelas Imersi di SMP Negeri 1 Yosowilangun adalah:

  1. Memberikan arah tujuan yang jelas dari Program Sekolah Standar Nasional (SSN), yaitu Peningkatan Mutu SDM sekolah dan Peserta Didik yang berakhlak mulia dan berwawasan IPTEK.
  2. Mempersiapkan dan mengantar Lulusan SMP Negeri 1 Yosowilangun menuju ke sekolah yang berbasis Bilingual atau Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)
  3. Menghasilkan Lulusan yang berkompetensi dan berdaya saing tinggi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai Ilmu Dasar bagi perkembangan teknologi.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa-siswi SMP Negeri 1 Yosowilangun dalam bidang Bahasa Inggris pada khususnya dan pelajaran lainnya pada umumnya.
  5. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Yosowilangun khususnya dan di Kabupaten Lumajang pada umumnya
    Meningkatkan kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa inggris bagi guru dan siswa.
  6. Pengembangan potensi dan image SMP Negeri 1 Yosowilangun dan SDM-nya
    Memberi keyakinan kepada semua pihak akan kemampuan dan potensi SMP Negeri 1 Yosowilangun di lingkungan sekolah dan Dinas Pendidikan kabupaten Lumajang dan Propinsi Jawa Timur.
  7. Meningkatkan kemampuan untuk menghadapi persaingan di dunia internasional dengan menciptakan keunggulan kompetitif.


B. SASARAN

Pendirian kelas imersi di SMP Negeri 1 Yosowilangun memiliki sasaran secara kualitatif dan kuantitatif baik yang bersifat jangka pendek dan panjang.

1. Sasaran Jangka Pendek (1Tahun) dapat di klasifikasikan sebagai berikut:
    a. Kualitatif
  • Pelaksanaan dari program SSN Tahun 2009
  • Studi banding dan observasi di sekolah sekitar yang telah menerapkan Kelas Imersi.
  • Pengembangan kemampuan berbahasa asing bagi pengajar dan siswa di SMP Negeri 1 Yosowilangun
  • Alih bahasa materi pelajaran atau pemenuhan materi bahan pelajaran di Kelas Imersi segera mengingat pentingnya bahan ajar sebagai pendukung pelaksanaan Kelas Imersi
  • Pembinaan dan pendampingan guru pengajar di kelas imersi.
  • Kajian dan evaluasi.

   b. Kuantitatif
  • Penyelengaraan workshop internal sebelum kelas imersi di mulai.
  • Pelatihan bahasa asing bagi guru bidang studi
  • Alih bahasa materi pelajaran SMP sebanyak 4 (empat) mata pelajaran.
  • Kajian dan evaluasi pelaksanaan kegiatan program kelas imersi secara berkesinambungan.

2. Sasaran Jangka Panjang ( 1-5 tahun ) dapat di klasifikasikan sebagai berikut :
  a. Kualitatif
  • Mengundang native speaker sebagai pengajar
  • Pelatihan Internet
  • Pengadaan laboratorium bahasa dan computer berbasis pengajaran bahasa.
 b. Kuantitatif
  • Penyelengaraan Kelas Imersi di seluruh kelas di SMP Negeri 1 Yosowilangun
  • Sebagai sekolah rujukan dan pelatihan imersi di Kabupaten Lumajang dan sekitar.
  • Mempersiapkan siswa dan pengajarnya untuk melakukan proses pembelajaran berbasis IT.